Punya Toko Online? ini ya harus diperhatikan!

Table of Contents

Table of Contents

E-comerce atau toko online saat ini menjadi pilihan banyak orang menjual berbagai produk mereka. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga menunjukkan, bahwa masyarakat era sekarang gemar membeli produk melalui platform E-commerce, hal ini juga menunjukan peluang bisnis yang menjanjikan sehingga banyak toko-toko baru bermunculan.

Namun, peningkatan bisnis ritel secara online tidak dibarengi dengan pengenalan kewajiban terhadap sistem hukum di Indonesia. Faktanya, 9 dari 10 orang yang memiliki toko online tidak memenuhi kewajiban hukum seperti memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) dan Nomor Izin Berusaha (NIB). Walaupun penyelenggaraan tidak begitu merata membuat kesan sistem hukum yang dibuat tidak begitu mengenai pelaku usaha online, sehingga terkesan sangat lemah. Tentunya hal seperti ini merepotkan jika mengenai toko online baru, terlebih jika dimiliki oleh individu bisnis dan Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Menurut Pasal 1  ayat 6  dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) menyebutkan bahwa: “Pelaku Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang selanjutnya disebut Pelaku Usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang dapat berupa Pelaku Usaha Dalam Negeri dan Pelaku Usaha Luar Negeri dan melakukan kegiatan usaha di bidang PMSE,”.

Berikut Ini 5 Tips Bagi Pemilik Toko Online Biar Aman dan Harus Diperhatikan

1. Tidak Menjual Brand Resmi

Sebenarnya peraturan ini sudah ada disemua platform E-commerce, dalam artian tidak semua toko online boleh menjual Brand Resmi selain dari toko yang memang terafiliasi atau memang distributor resmi.

2. Memiliki Izin Usaha Perusahaan (SIUP)

Pada dasarnya izin usaha tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, termasuk pemilik toko online. Hal ini diberlakukan oleh Pemerintah supaya korban mendapatkan perlindungan hukum yang tepat jika terjadi perselisihan hukum.

3. Memiliki NIB

Klasifikasi usaha adalah penyempurnaan sistem bisnis di Indonesia, selain klasifikasi pelaku usaha yang memiliki NIB akan mendapatkan manfaat lainnya seperti dukungan modal dan bantuan dalam pengembangan usaha, sehingga perusahaan akan lebih maju lagi dan menyerap banyak tenaga kerja.

4. Memiliki NPWP

Perusahaan dan Individu sebenarnya diwajibkan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) selain sebagai bentuk dukungan terhadap program pajak. NPWP merupakan keharusan yang tidak bisa ditinggali oleh masyarakat.

5.Memiliki Kantor Perwakilan di Indonesia dan Pimpinan Asli WNI

Untuk perusahaan diluar negeri yang memasarkan produknya dengan target pasar di Indonesia melalui platform seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak wajib memiliki kantor perwakilan.

Dengan penerapan peraturan ini berlaku bagi semua pelaku usaha dan juga semua kategori penjualan, sistem ini pula memastikan keamanan berusaha serta perlindungan hukum bagi semua orang.

Kamu bisa mendaftarkan izin usaha toko online kamu melalui OSS dan jika kamu mengalami kendala dalam pengurusan kamu bisa menghubungi langsung tim human.co.id. Kami merupakan perusahaan perizinan yang telah berpengalam dalam melayani perizinan setiap jenis perusahaan dan sudah melayani ribuan pengusaha serta UMKM.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Lain