Kebijakan Privasi

Dengan mengunjungi atau menggunakan Situs ini (“Situs”), menerima dan menggunakan Layanan, yang  disediakan dan dikelola oleh PT Hukum Untuk Manusia, suatu perseroan terbatas perseorangan yang memiliki domisili  di Jalan Tebet Timur Dalam VIII No. 46, Tebet, Jakarta Selatan (“HUM”) termasuk menerima keterangan dari HUM dalam bentuk apapun, Anda mengakui telah  membaca, memahami dan dengan demikian sepakat untuk mengikat diri dengan HUM, sebagaimana  suatu perjanjian yang sah dan mengikat, untuk tunduk dan mematuhi kebijakan privasi Situs dan  Layanan (“Kebijakan Privasi”) sebagai berikut:  

1. Definisi dan Penafsiran 

    1.1  Definisi 

   Kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan Privasi, definisi ini berlaku: 

  • “Anda” berarti (i) pengunjung, pembaca, pengguna Situs, (ii) Pelanggan, dan/atau (iii) pihak lain menggunakan dan menerima Layanan. 
  • “Akun” berarti akun yang diperoleh oleh Pelanggan setelah pendaftaran melalui Situs untuk  mengajukan permintaan pelaksanaan Pekerjaan kepada dan menerima layanan dari HUM melalui Situs. 
  • “Daftar Keterangan” berarti keterangan yang diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan, termasuk  tapi tidak terbatas pada data pribadi Anda, Subjek Pekerjaan dan/atau Pihak Yang Berkepentingan,  keterangan mana yang disediakan baik melalui Situs atau di luar Situs, sebagaimana dapat diminta  oleh dan apabila dipandang perlu oleh HUM untuk pelaksanaan Pekerjaan dari waktu ke waktu; 
  • “Dokumen Persyaratan” berarti seluruh dokumen yang dipersyaratkan, diminta oleh Pejabat Yang Berwenang atau diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan, baik dalam bentuk salinan (copy) maupun asli (apabila diperlukan) termasuk tapi tidak terbatas pada akta, surat, perjanjian, pernyataan, persetujuan, perizinan, keputusan dan/atau dokumen terkait lainnya, sebagaimana  disampaikan oleh HUM dari waktu ke waktu.  
  • “Layanan” adalah layanan yang disediakan oleh HUM, termasuk tapi tidak terbatas pada  Pekerjaan dan/atau layanan lainnya yang disediakan baik melalui Situs atau di luar Situs yang  meliputi pemberian keterangan oleh HUM melalui telepon, surat elektronik (e-mail), pertemuan  dan layanan lainnya yang ditentukan oleh HUM dari waktu ke waktu.  
  • “Pekerjaan” adalah bagian dari Layanan yang akan dilaksanakan oleh HUM berdasarkan Syarat  Penggunaan dan ketentuan dalam Proposal. 
  • “Pejabat Yang Berwenang” berarti notaris, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pengadilan Negeri dan/atau lembaga pemerintah lainnya yang memiliki wilayah kerja, wilayah hukum atau  kewenangan di sebagian atau seluruh wilayah Republik Indonesia dan sesuai dengan  kewenangannya masing-masing, berwenang untuk membuat, menerbitkan, mencatat,  mendaftarkan, menerima pemberitahuan, menerima pelaporan, mengesahkan, melakukan legalisasi dan/atau memberikan persetujuan atas akta, perizinan dan/atau dokumen yang  diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan sesuai dengan ruang lingkup Pekerjaan.
  • “Pelanggan” adalah setiap pihak yang terdaftar pada HUM sebagai pelanggan dan melakukan  pemesanan Pekerjaan dari HUM. 
  • “Pihak Yang Berkepentingan” adalah (i) pihak yang menjadi atau akan menjadi pendiri, pemilik  modal, sekutu komanditer (persero pasif), pemegang saham, sekutu komplementer (persero  aktif), direksi, komisaris, penanggungjawab atas Subjek Pekerjaan dan/atau kuasa atau  perwakilannya yang sah, (ii) pihak lainnya yang merupakan pihak yang diminta persetujuan  sehubungan dengan Dokumen Persyaratan, dan/atau (iii) pihak lainnya yang berdasarkan  peraturan perundang-undangan merupakan wakil atau kuasa yang sah atas Subjek Pekerjaan  sehingga sah dan berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama Subjek Pekerjaan; 
  • “Proposal” adalah proposal penawaran jasa HUM yang mencantumkan antara lain termasuk tapi tidak terbatas pada ruang lingkup Pekerjaan dan biaya Pekerjaan berikut perubahan perubahannya. 
  • “Subjek Pekerjaan” adalah perseorangan, perusahaan perseorangan, persekutuan atau badan baik itu badan hukum maupun bukan badan hukum, dan/atau bentuk usaha lainnya yang (i) akan didirikan, telah didirikan, telah menjalankan kegiatan, (ii) proses pendiriannya, penutupannya, pencabutan, persetujuan atau perizinan tertentu (iii) bantuan perkara gugatan sederhana, yang dapat dibantu pengajuan permohonan dan pengerjaannya oleh HUM berdasarkan Proposal yang telah disetujui oleh Pelanggan.
  • “Situs” adalah situs human.co.id .
  • “Syarat Penggunaan” adalah syarat penggunaan Situs dan Layanan sebagaimana tercantum dalam Situs. 

   1.2 Penafsiran 

  • Judul adalah untuk kemudahan referensi saja dan tidak akan mempengaruhi penafsiran Kebijakan  Privasi; 
  • Kata dalam bentuk tunggal mencakup bentuk jamak dan sebaliknya;  
  • Kata “pihak” meliputi setiap perseorangan, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing, perusahaan perseorangan, perusahaan persekutuan, baik yang berbentuk badan hukum  maupun yang bukan berbentuk badan hukum.

2. Data, keterangan dan informasi Yang Diperlukan Dan Dikumpulkan

 Untuk keperluan pendaftaran Akun dan pelaksanaan Pekerjaan, HUM akan memerlukan dan mengumpulkan data, keterangan dan informasi dari Anda, antara lain sebagai berikut: 

  • Nama Anda sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk dan/atau Paspor yang sah dan berlaku;
  • Alamat e-mail; 
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi;
  • Identitas, domisili dan keterangan lainnya sehubungan dengan Subjek Pekerjaan dan Pihak Yang Berkepentingan berdasarkan Kartu Tanda Penduduk, Paspor yang sah dan berlaku, Kartu Keluarga,  anggaran dasar dan/atau bukti keterangan lainnya yang sah dan berlaku; 
  • Nomor rekening Pelanggan untuk verifikasi pembayaran dan pengembalian dana sesuai dengan  Syarat Penggunaan; 
  • Keterangan rencana usaha sehubungan Pekerjaan yang akan dilakukan sebagaimana diminta  dalam Daftar Keterangan; 
  • Dokumen-dokumen sebagaimana tercantum dalam Dokumen Persyaratan. 

3. Tujuan Pengumpulan data, keterangan dan informasi 

Data, keterangan dan informasi yang diterima oleh HUM baik melalui Situs maupun bukan, akan  digunakan antara lain untuk tujuan sebagai berikut: 

  • Melakukan pengkajian sehubungan dengan Pekerjaan yang akan dilakukan;
  • Melakukan verifikasi Pelanggan dan Akun; 
  • Melakukan komunikasi, memberikan Layanan, memberikan penawaran dan promosi dari HUM kepada Anda; 
  • Melengkapi data, keterangan dan informasi yang diperlukan sehubungan dengan Pelaksanaan  Pekerjaan. 

4. Penyerahan dan Pengungkapan Informasi 

  • HUM dapat menyerahkan data, keterangan dan informasi kepada Pejabat Yang Berwenang apabila: (i) diperlukan untuk pelaksanaan Pekerjaan, (ii) diwajibkan oleh peraturan perundang undangan yang berlaku sehubungan dengan usaha yang dijalankan oleh HUM, (iii) diminta berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam hal timbulnya suatu proses hukum dan peradilan yang melibatkan Anda, Subjek Pekerjaan, Pihak Yang Berkepentingan dan/atau HUM; 
  • HUM dapat menyerahkan data, keterangan dan informasi kepada pihak ketiga atau mitra kerja yang ditunjuk oleh HUM untuk menyelesaikan sebagian atau seluruh Pekerjaan;
  • HUM dapat menyerahkan data, keterangan dan informasi kepada calon pemilik baru atau calon  pemberi pinjaman sehubungan dengan transaksi yang akan atau dilaksanakan oleh HUM  termasuk tapi tidak terbatas pada perubahan kepemilikan, perubahan struktur organisasi,  penerimaan pinjaman, pengambilalihan, penggabungan dan/atau konsolidasi yang mana data,  keterangan dan informasi yang disampaikan oleh Anda akan dianggap sebagai aset perusahaan. 

 

5. Pembebasan 

HUM melakukan upaya sebaik-baiknya untuk menjaga keamanan data, keterangan dan/atau  informasi yang telah diberikan kepada HUM oleh Anda, namun HUM tidak menjamin bahwa  keamanan secara penuh atas data, keterangan dan/atau informasi yang telah diberikan kepada HUM tersebut. Anda menyatakan bahwa HUM, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi,  dan/atau perwakilannya tidak bertanggungjawab atas tuntutan, klaim, kerugian (baik secara  langsung maupun tidak langsung termasuk tapi tidak terbatas pada kehilangan laba, penghasilan,  produksi, nama baik, data atau kesempatan), kompensasi, biaya, pengeluaran, beban dan/atau  kewajiban dalam bentuk apapun (termasuk biaya jasa hukum Advokat) dan kepada pihak manapun,  termasuk tapi tidak terbatas pada yang diakibatkan karena atau sehubungan dengan penyerahan  data, keterangan dan/atau informasi oleh Anda kepada HUM. 

6. Pemberitahuan dan Komunikasi

Segala korespondensi kepada HUM sehubungan dengan Kebijakan Privasi agar ditujukan secara tertulis pada alamat berikut: 

PT Hukum Untuk Manusia  

Jl. Tebet Timur Dalam VIII No. 46, Tebet, Jakarta Selatan

No HP : +6281395990821 

e-mail : info@human.co.id 

7. Penyimpanan Informasi Pribadi

  • Seluruh informasi Pribadi yang Anda berikan kepada Kami disimpan di server yang aman. Semua transaksi pembayaran pada Layanan Kami akan dienkripsi. Dengan menyerahkan Informasi Pribadi Anda pada Layanan Kami, Anda menyetujui pengalihan, penyimpanan, serta pengolahan yang terjadi pada Layanan Kami. Kami akan mengambil langkah-langkah dalam batas kewajaran yang diperlukan untuk memastikan bahwa Informasi Pribadi tersebut diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta Peraturan yang Berlaku;
  • Seluruh Informasi Pribadi yang Anda berikan akan Kami simpan: (i) selama Anda masih menjadi pengguna dari Layanan Kami dan (ii) setidaknya 5 (lima) tahun sejak tanggal di mana Anda berhenti menggunakan Layanan Kami; atau (iii) sesuai dengan tujuan awal dari pengumpulan Informasi Pribadi tersebut;
  • Mohon untuk dapat diperhatikan bahwa transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun demikian, Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Pribadi tersebut. Kami tidak bisa menjamin keamanan data yang dikirimkan ke Layanan Kami; risiko dari setiap transmisi menjadi tanggung jawab Anda. Begitu Kami menerima Informasi Pribadi Anda, Kami akan menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan untuk mencegah akses yang tidak diizinkan.

8. Hak Anda

  • Anda dapat memohon untuk penghapusan Informasi Pribadi Anda pada Layanan Kami atau menarik persetujuan Anda untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Informasi Pribadi Anda dengan memberikan kepada kami pemberitahuan yang wajar secara tertulis melalui detail kontak yang tercantum pada bagian J Kebijakan Privasi ini. Tergantung pada keadaan dan sifat permohonan yang Anda minta, Anda harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan atau permohonan penghapusan tersebut, Anda mungkin tidak lagi dapat menggunakan Layanan Kami. Penarikan persetujuan Anda dapat mengakibatkan penghentian Akun Anda atau hubungan kontraktual dan transaksi Anda dengan kami, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sepenuhnya harus dipenuhi. Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan untuk pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Informasi Pribadi Anda, Kami akan menginformasikan Anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda tetap ingin menarik persetujuan atau tidak;
  • Anda dapat meminta kepada Kami untuk mengakses dan/atau mengoreksi Informasi Pribadi anda yang berada dalam kepemilikan dan penguasaan kami, dengan menghubungi kami di perincian yang disediakan di bawah ini;
  • Layanan Kami dapat, dari waktu ke waktu, memuat link menuju dan dari situs-situs milik jaringan Mitra, pemuat iklan, dan afiliasi lainnya. Jika Anda mengikuti link ke salah satu situs tersebut, mohon perhatikan bahwa situs-situs tersebut memiliki Kebijakan Privasi mereka sendiri dan bahwa Kami tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban apa pun atas kebijakan-kebijakan tersebut. Mohon periksa kebijakan-kebijakan tersebut sebelum Anda menyerahkan informasi apapun ke situs-situs tersebut.

9. Kebijakan Cookies

  • Ketika Anda menggunakan Layanan Kami, Kami dapat menempatkan sejumlah cookies pada browser Anda. Cookies adalah sebuah berkas digital kecil berisi huruf dan angka yang Kami simpan pada browser atau hard drive komputer Anda atas persetujuan Anda. Cookies mengandung informasi yang dipindahkan ke diska keras komputer Anda;
  • Cookies dapat digunakan untuk tujuan berikut: (1) mengaktifkan fungsi tertentu, (2) memberikan analisis, (3) menyimpan preferensi Anda; dan (4) memungkinkan pengiriman iklan dan pengiklanan berdasarkan perilaku. Beberapa cookies ini hanya akan digunakan jika Anda menggunakan fitur tertentu, atau memilih preferensi tertentu, sementara sebagian Cookies lain akan selalu digunakan;
  • Kami menggunakan cookies untuk alasan-alasan berikut:
  • Cookies dibutuhkan untuk pengoperasian Layanan Kami. Ini termasuk, misalnya, Cookies yang memungkinkan Anda memasuki Area yang aman di Layanan Kami, menggunakan keranjang belanja, ataupun menggunakan layanan penagihan elektronik;
  • Cookies memungkinkan Kami untuk mengenali dan menghitung jumlah pengunjung serta melihat bagaimana pengunjung bergerak di sekitar Layanan Kami saat mereka menggunakannya. Ini membantu Kami memperbaiki cara kerja Layanan Kami, misalnya, dengan memastikan pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan mudah dan tepat;
  • Cookies digunakan untuk mengenali Anda saat kembali ke Layanan Kami. Ini memungkinkan Kami melakukan personalisasi terhadap konten Kami untuk Anda, menyapa Anda dengan nama, serta mengingat preferensi Anda (misalnya, pilihan bahasa atau wilayah Anda);
  • Cookies mencatat kunjungan Anda ke Layanan Kami, halaman yang telah Anda kunjungi, serta tautan yang telah Anda ikuti. Kami akan menggunakan informasi ini untuk membuat Layanan Kami serta iklan yang terpasang di dalamnya lebih relevan kepada minat Anda. Kami juga dapat membagi informasi ini dengan pihak ketiga untuk tujuan tersebut.
  • Mohon perhatikan bahwa pihak ketiga (termasuk, misalnya, jaringan periklanan dan penyedia jasa eksternal seperti jasa analisis lalu lintas web) juga dapat menggunakan Cookies ini, di mana Kami tidak memiliki kendali. Cookies ini cenderung membuat Layanan Kami dan iklan yang ditampilkan di dalamnya lebih relevan dengan minat Anda, serta meningkatkan kinerja Layanan Kami;
  • Anda dapat menghapus Cookies dengan cara melakukan fungsi clear data pada web browser Anda yang memungkinkan Anda untuk menolak pengaturan seluruh atau sebagian Cookies. Akan tetapi, Anda mungkin tidak dapat mengakses seluruh atau sebagian Layanan Kami.

10. Hukum dan Penyelesaian Sengketa

  • Kebijakan Privasi ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan  perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia;
  • Apabila timbul perselisihan mengenai penafsiran dan/atau pelaksanaan Kebijakan Privasi,  perselisihan tersebut akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat;
  • Apabila perselisihan tersebut diatas tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat,  maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI)  menurut peraturan dan prosedur pada BANI;
  • Tempat pelaksanaan arbitrase adalah Jakarta dan menggunakan Bahasa Indonesia.

11. Ketentuan Lain-lain 

  • Dengan Anda menggunakan dan melanjutkan penggunaan Situs dan Layanan, maka Anda telah menyetujui Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi; 
  • HUM berhak untuk mengubah sewaktu-waktu Kebijakan Privasi, dengan pemberitahuan melalui pengumuman di Situs atau sarana lainnya yang dipandang wajar oleh HUM. Anda disarankan untuk senantiasa memeriksa Situs secara berkala untuk memastikan adanya perubahan tersebut. Anda diberi hak sepenuhnya untuk keluar dari Situs HUM dan/atau mengakhiri penggunaan layanan HUM apabila Anda tidak setuju dengan Kebijakan Privasi serta perubahan-perubahannya tersebut. Dengan dilanjutkannya penggunaan Situs atau penggunaan Layanan oleh Anda setelah perubahan tersebut merupakan bentuk persetujuan dari Anda atas perubahan tersebut;
  • Dalam hal terdapat pengakhiran Pekerjaan dan/atau penutupan Akun, Pelanggan dan HUM sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.